Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Thursday, April 22, 2010

taman maluku bandung

suasana hutan tropis di tengah kota dengan suara-suara alam yang khas terdapat di molukkenpark, yang sejak sekitar tahun 1950 disebut taman maluku, dibangun pada tahun 1919. taman ini terletak di antara menadostraat, celebesstraat, ambonstraat, dan saparuastraat I sekarang Jln. aceh, jln. sulawesi yang digabung dengan jln seram, jln. ambon dan jln. saaprua). taman malukuditata dan dilengkapi dengan sebuah kolam besar berbiaskan air mancur, bunga teratai, tanaman hias, pohon pelindung sebagai peneduh, bangku taman di keteduhan pohon, jalan taman dan tiang-tiang lampu berdekorasi artistik sehingga memberikan kesan sejuk dan asri.
sebuah lapangan tenis tereltak di sebelah utara taman. ketika molukkenpark belum dilengkpai dengan kolam. di pojok taman taman dekat simpang jalan celebesstraat dan ambonstraat berdiri aptung perunggu pastor H.O.Verbaak. S.J (1835-1918). seorang imam tentara hindia belanda yang bertugas dalam perang atjeh (1874-1907). sebenarnya keterangan dari patung itu ada dibawah kakinya, tetapi huruf yang kurang timbul membuatnya jadi sulit dibaca dari jauh. patung ini merupakan satu-satunya patung dari masa hindia belanda yang masih berdiri di bandung.
sebagai public space, dulu taman ini tidak berpagar besi. tetapi karena tempat ini banyak dislah gunakan oleh masyarakat, misal air mancur yang terdapat di tengah kolam itu digunakan untuk mencuci pakaian, maka taman ini sekarang dipagar besi.
meski waktu ke sana aku enggak sempat melihat dan mendekat ke kolam yang berada di tengah taman, karena aku enggak nemu pintu masuknya..hehehe..
tetapi sungguh terasa nuansa yang berbeda. mungkin karena taman ini telah ada sejak jaman belanda, dengan pohon-pohon tinggi menjulang yang sudah berabad-abad lamanya tumbuh disini dan lingkungan di sekitarnya yang rimbun dengan pepohonan. taman ini juga terlihat sangat tertata dengan rapi, terlihat dari bersihnya taman dari daun-daun yang berjatuhan.
ada sedikit cerita mistis uyang terjadi di sekitar tman ini. konon, patung yang berada di taman ini suka bergerak dengan sendirinya jika malam mulai merebak. entah benar atau tidak, tetapi yang pasti ..inilah pekerjaan setan yang suka meramaikan keadaan, denganmenunjukkan fenomena yang buat manusia menjadi resah...


0 comments:


Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More