Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Monday, January 4, 2010

Jembatan Selat Sunda




Sunda Strait Bridge is one of the major projects making bridges across the Sunda Strait as a liaison between the Java island with Sumatera island.


Jembatan Selat Sunda ini akan menjadi jembatan terpanjang pertama di dunia yang dibangun dengan bentang tengah sampai 2.200 meter.


Perkiraan biaya investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan JSS sekitar Rp I00 triliun. Pembangunan proyek JSS membutuhkan waktu minimal l0 tahun. Kalau tahun 2012 sudah dibangun rencananya jembatan sudah dibuka tahun 2022. Pada jembatan tersebut akan dibuat enam lajur kendaraan masing-masing tiga jalur dalam satu ruasnya. Jembatan selebar 60 meter ini juga dilengkapi dua jalur pejalan kaki dan jalur darurat. Tak hanya itu, jembatan ini juga akan dilengkapi dua rel kereta.

Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut. dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, ular dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.


0 comments:


Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More