Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Sunday, May 3, 2009

Bantimurung . air terjun dan musium kupu-kupu




 
 


 
taman nasional bantimurung di kabupaten maros merupakan potensi wisata alam sulawesi selatan yang terus dikedepankan. terdapat di lembah bukit kars atau kapur yang curam dengan vegetasi tropis, sehingga kawasan inipun menjadi area pertambangan batu kapur sebagai bahan baku semen.
alam bantimurung dengan air terjun dan kupu-kupunya berjarak sekitar 30 km dari kota makassar, atau dapat ditempuh sekitar satu jam dengan kendaraaan pribadi. saat memasuki kawasan bantimurung, akan disambut dengan tulisan yang menempel didinding bukit kars.


wisatawan akan disambut sepasang gapura selamat datang berhias kupu-kupu raksasa diatasnya, setelah itu diikuti patung kera yang juga berukuran jumbo. ini menandakan bantimurung merupakan habitat asli kupu-kupu dan kera.

tahun 1856 - 1857 alfred russel wallace menghabiskan sebagian hidupnya disini untuk meneliti berbagai jenis kupu- kupu. menurut wallace, bantimurung merupakan the kingdom of butterfly. berdasarkan penelitian seorang inggris, ada 150 spesies kupu-kupu disini. untuk menjaga kupu - kupu dari kepunahan, pemerintah setempat membuat penangkaran di lokasi ini, dan tentunya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. selain penangkaran ada pula museum kupu - kupu.

bantimurung memiliki dua goa yang bisa dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus, goa batu dan goa mimpi. melengkapi pesona alam yang telah ada, pengelola sengaja membuat fasilitas tambahan seperti musholla yang desainnya mengikuti kontur batuan alam setempat.

tersedia pula bom-bom car,kolam pemandian, flying fox dan sejumlah fasilitas lainnya. untuk menikmati kesejukan dan keindahan bantimurung, pengunjung cukupo membayar retribusi karcis Rp. 5000 untuk dewasa dan Rp. 3.500 anak-anak. bagi anda yang ingin berlama-lama disini,tersedia fasilitas penginapan dengan kisaran harga antara Rp.40.000 - Rp.60.000



1 comments:

SEE ILK ONLY said...

Subhanallah, indah sekali, tenang dan damai rasanya kl berada disana..,what a won..derful world...:)


Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More