Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Wednesday, December 2, 2015

asem jawa rasa manis berbuah lebat

akhir november 2015 ini dimana hujan mulai turun, kadang seminggu sekali hujan. setelah melalui kemarau yang panjang, sehingga pohon-pohon kering, tidak hanya karena kurang air tetapi daun-daunnya terbakar karena panasnya suhu sengatan matahari dimusim kamarau tahun ini.
begitu juga dengan tanaman saya yang ada di depan rumah, pohon serut untuk bakal bonsai daunya banyak yang kering terbakar sinar matahari, demikian pula dengan pohon asem, daunnya yang kecil rontok karena kering dan panas. di halaman rumah tepatnya di bawah pohon asem berserakan daun-daun yang telah berguguran sampai menumpuk. daun-daun yang berguguran sebagian saya kumpulkan di pot bunga untuk pupuk kalau sudah membusuk nantinya.
dari guguran daun-daun pohon asem yang kecil itu, sebagian besar berwarna coklat dan hijau kusam, namun diantara guguran daun itu ada beberapa bentuk yang berbeda, sedikit lebih kecil dan berwarna coklat kekuningan. beberapa sempat saya amati untuk memastikan apakah itu daun asem yang gugur atau apa? saya menduga kalau itu bukan daun, dan dugaan saya semakin kuat bahwa itu adalah bakal bunga asem yang gugur.
karena pohon asem ini belum pernah berbuah sebelumnya, dan pohon ini adalah dari biji asem yang disebut klungsu yang dulu saya tanam di pot bunga pada sekitar 2008. pada awalnya saya tanam biji asem itu untuk bakal pohon bonsai asem, tetapi karena semakin besar, maka saya pindahkan potnya diatas tanah, sehingga akar pohon asem itu menembus tanah dibawahnya dan semakin besar seperti sekarang ini.
awal bulan desember 2015 ini, dugaan saya terbukti bahwa pohon asem yang saya tanam mulai berbuah untuk pertama kalinya. wah...nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata......saya bersyukur banget....karena banyak orang yang berkata, nanam pohon asem siapa yang liat dia berbuah nanti..cucu kamu aja belum tentu ngalami....dan ternyata di bulan ini saya melihat sendiri bagaimana proses pohon asem ini berbuah. mulai dari daun-daunya yang berguguran, munculnya bakal bunga yang belum mekar, sampai mekarnya bunga asem yang mirip dengan bunga anggrek.
bunga asem yang biasa di sebut kembang asem berciri-ciri bentuknya kecil, berwarna putih, kuning , merah dan kehijauan. satu tangkai bunga berisi beberapa kuncup. bunga asem muncul diranting-ranting, namun ada juga yang muncul dibatang pohon.













 kembang asem sering sebagai penyebutan untuk kucing dengan bulu tiga warna, biasa disebut kucing mbang asem. kucing dengan warna kuning hitam dan putih biasa disebut kucing mbang asem. biasanya kucing dengan motif bulu seperti ini termasuk kucing yang jinak dan manja...pengalaman beberapa kali punya kucing dengan motif bulu seperti ini..heheheh.....
dan konon katanya, kucing dengan motif telon mbang asem seperti ini tidak ada yang berjenis kelamin jantan, alias semua kucing dengan motif mbang asem atau telon adalah betina....hmm....
kalau ada sahabat blogger yang punya kucing dengan motif mbang asem berjenis kelamin jantan....coba deh ....kasih liat ke saya....


0 comments:


Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More