Tuesday, March 2, 2010

belalang sembah


  




Maen ke rumah mas rowi, yang rumahnya berada di daerah pegunungan asik juga. banyak hal baru yang bisa ditemui. rumah yang berada di atas bukit, dengan jalan batu yang lumayan terjal, apalagi tanjakannya, kalau hujan enggak sanggup naik pasti.
kali ini ingin cerita tentang belalang sembah yang saya temui di depan rumah. beraneka jenis pohon tumbuh di depan rumah, ya eyalah..namanya juga di gunung coy.....

makanya bisa ketemu dengan bermacam-macam jenis hewan. tetapi hewan yang unik-unik saja yang pengen saya bagi ceritanya . ada belalang tempur, kalo di tv biasanya disebut kalo di kampung namanya belalang sembah. ada lebah hutan yang bersarang di kotak speaker di teras rumah dan yang lebih surprise lagi , ada cicak aneh, warnanya hitam kecoklatan, ekornya mirip ekor buaya.
sabar anak muda......ntar aku posting juga koq.. 

belalang sembah adalah sejenis serangga pemangsa daun yang punya empat kaki belakang dan dua kaki depan yang menyerupai tangan. Dua "tangan" itu selalu dalam posisi seperti menyembah. Tapi dia belalang yang ramah. Setiap kita meletakkannya diujung jari, dia akan berjalan-jalan dengan santai dari jari jempol ke jari manis. Berhenti sebentar untuk menyembah, lalu jalan lagi sambil menghitung berapa jumplah bulu yang dimiliki orang yang sedang mengelus-elusnya.....

Dalam bahasa Inggris, serangga ini biasa disebut praying mantis karena sikapnya yang seringkali kelihatan seperti sedang berdoa. Kata mantis berasal dari bahasa Yunani "Mantes" yang berarti "nabi" atau "peramal nasib". Banyak sebutan dalam bahasa lokal, seperti congcorang (bahasa Sunda/bahasa Betawi), walang kadung/kèkèk (bahasa Jawa), dan mentadak (bahasa Melayu)


0 comments:


Blog Archives

Popular Posts

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More